Tugas 1
1. Buka program Microsoft Excel, kemudian buat halaman baru dengan memilih New pada toolbar-file-new.
2. Klik Office Button, pilih new, pilih blank document untuk membuat dokumen baru, klik dobel.
Lalu,
3. Klik pada kolom yang diinginkan untuk dituliskan sesuatu. Misalnya dengan bentuk awal seperti ini..
4. Isikan data-datanya sesuai yang dituliskan. Untuk NO.PESERTA, blok dulu pada kolom yang akan diisi, klik kanan, format cells. Pada Number, pilih text, sehingga angka nol di depan tidak hilang secara otomatis.
5. Fungsi rata-rata. Letakkan kursor pada kolom yang diinginkan, ketikkan “ =AVERAGE(letak kolom pertama:letak kolom terkhir)”, enter. Hasilnya seperti ini.
6. Fungsi Nilai tertinggi, ditunjukkan seperti tampilan berikut:
7. Fungsi Nilai terendah, sama halnya dengan nilai tertinggi, hanya kata “MAX” diganti dengan kata “MIN”
8. Fungsi AND, di mana fungsi ini untuk menyatakan bahwa beberapa pernyataan itu benar atau salah. Contoh, syarat lulus pertama, nilai harus lebih dari 58. Maka fungsinya seperti tampilan di bawah ini sesuai letak kolomnya. Enter.
Geser ke bawah dan secara otomatis nilainya akan keluar
Fungsi AND yang lain pada status II, yakni nilai rata-rata harus lebih dari 60. Lakukan langkah yang sama. Kemudian drag ke bawah/copy.
9. Fungsi IF. Yakni suatu fungsi logika yang menyatakan syarat, kemudian dengan hasil/ konsekuensinya. Misalnya untuk status Lulus/ Tidak Lulus, menggunakan fungsi seperti ini seperti ini, Enter. Lalu drag ke bawah untuk mengcopy.
10. Fungsi Count If, yakni fungsi yang dapat menghitung jumlah kolom yang terdapat tulisan “xxx”, dalam hal ini Lulus dan Tidak Lulus. Tampilannya seperti ini. Lalu enter.
untuk jumlah yang tidak lulus sama caranya, akan tetatpi pada tulisan lulus diubah menjadi tidak lulus, kemudian enter.
11. Untuk memberi garis, drag kolom yang diinginkan, kemudian klik gambar di bawah ini













Tidak ada komentar:
Posting Komentar